Sabtu, 10 Desember 2011

K-Meleon


Browser Firefox  mungkin masih menjadi browser favorit saya dalam menjelajahi dunia maya karena browser yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang berdaya guna melalui extension-extension yang disediakannya dibandingkan dengan browser Opera. Namun demikian dalam hal kecepatan loading awal dan performance kinerjanya, browser Firefox terkenal “sangat rakus memakan” memori. Beruntung jika kita memiliki memori CPU lebih dari 512Mb karena kelambanan browser tersebut tidak begitu terasa.

Kemaren malam saya menemukan berita kemunculan browser baru “anakan” dari Mozilla yang berbasis Gecko 1.8.0.5. Browser ini bernama K-Meleon. Nama browser ini sudah mencerminkan kekadal-kadalan yaitu Chameleon, atau jika dialih bahasakan secara tepat ke Bahasa Indonesia menjadi Bunglon. Si Bunglon (K-Meleon) ini sangat berbeda dengan Rubah Api (Firefox) meskipun berasal dari perut Tokek (Gecko) yang sama.

Semalam saya melakukan installisasi K-Meleon tanpa halangan berarti, proses instalasi berjalan mudah tak bertele-tele. Hanya saja program ini meminta ijin untuk memasang pre-loader pada startup window XP. Saya cukup terkejut ketika menjalankan program ini. K-Meleon hanya memerlukan waktu kurang lebih 1-2 detik untuk menampilkan dirinya, sangat berbeda jauh dengan Firefox atau Opera yang memerlukan waktu cukup lama sekitar 5-15detik (Pentium 4 2.6Ghz 960Mb RAM).

Kinerja K-Meleon dalam membuka situs-situs web juga cukup cepat dan lancar sekali. Beberapa hal yang membedakan K-Meleon dengan Firefox dalam segi penampilan yaitu :
Penampilan K-Meleon lebih sederhana dibandingkan Firefox, bahkan sangat sederhana dan hanya tombol-tombol yang penting saja yang disertakan dalam toolbar.

Sangat berbeda dengan Firefox, K-Meleon memiliki preloader program yang bisa diatur konfigurasinya dari kecepatan normal sampai kecepatan ekstrim cepat untuk mempersingkat waktu loading awal.

untuk mendapatkan aplikasi browser ini silahkan klik link di bawah ini
Kmeleon

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More