Sabtu, 10 Maret 2012

Cara bermain games PS1 di PC/laptop + cara pengaturannya

Nah, bagi kamu-kamu yang bingung sudah kesana-kemari tapi belum menemukan link download emulator ePSXe, disini saya tampilkan link download emulator ePSXe lengkap (+Plugins, +BIOS, +Memory Cards, dll). Semoga dapat kamu-kamu gunakan dengan sebaik-baiknya. Dan juga bagi kamu-kamu yg belum mengerti akan pengaturan dalam menjalankan emulator ePSXe, izinkanlah saya memberikan panduan yang sederhana ini, semoga dengan ini dapat membantu semua dalam memainkan game PS1 dengan menggunakan emulator ePSXe ini.
Download : ePSXe
                    ePSXe v1.7.0

PENGATURAN EPSXE >>> SANGAT PENTING!!!
  1. Buka 'ePSXe', yang pertama kali harus dilakukan (yang paling fatal dan sering dilupakan) adalah: Klik 'Run' > 'Enable Logs' (beri tanda centang). Jika tidak diberi tanda centang, apabila kita selesai bermain dan meng-close ePSXe, game masih akan terus berjalan yang mana akibatnya akan mempengaruhi kinerja CPU komputermu.
  2. Klik 'Config' > 'Wizard Guide', klik 'Config >>'.
  3. Pilih BIOS yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'SCPH1001 - USA'), klik 'Next >>'.
  4. Pilih GPU (Video Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17', pengaturan dan lain-lain akan dijelaskan pada bagian berikutnya), klik 'Next >>'.
  5. Pilih SPU (Sound Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'Eternal SPU Plugin 1.50', klik 'Next >>'.
  6. Pilih CD-Rom Plugin yang kamu inginkan (pilih yang mana saja, semuanya bagus), klik 'Next' >>'.
  7. klik 'Controller 1'. Bila kamu sudah memiliki USB Controller, atur saja sesuai dengan tombol yang tersedia dengan cara klik NAMA tombolnya, lalu tekan tombol pada USB Controller sesuai dengan yang disediakan (bila USB Controller yang dipakai memiliki Dual Shock/analog, klik Panel yang terdapat di sebelah kanan atas jendela, lalu pilih 'Digital/Analog (F5)' yang mana ePSXe memperbolehkan dalam penggunaan analog getar), klik OK. Bila ingin mengatur stick untuk Player 2, klik 'Controller 2' dan lakukan langkah-langkah seperti tersebut diatas, klik 'Next >>'.
  8. Selamat! Kamu telah mengatur konten-konten ePSXe dengan benar. Untuk penggunaan dan performa yang lebih efisien, sangat disarankan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

 PENTING!!!
  1. UNTUK PENGATURAN GPU: 'Config' > 'Video' (saya sarankan untuk memakai 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17' karena mudah dalam pengaturannya) > 'Configure'.
  2. Beri tanda pada 'Fullscreen mode' bila ingin tampilan layar penuh; atau beri tanda pada 'Window mode' bila ingin tampilan layar berupa windows (untuk ukuran ideal 'Window mode', saya sarankan atur size-nya menjadi 720x576).
  3. Untuk 'Framerate', beri tanda centang pada 'Use FPS limit' dan beri tanda pada 'FPS limit (10-200) FPS' (angka default-nya adalah 60-70 FPS, kalau lebih dari itu maka kecepatan/laju game akan menjadi lebih cepat; begitu pula sebaliknya), klik OK, klik OK lagi.
  4. ePSXe memperbolehkan kamu mengatur penggunaan 'Memory Card' sesuka kamu. Caranya: 'Config' > 'Memory Card'. Untuk mengatur 'Memory Card 1'/'Memory Card 2', klik 'Select' lalu cari dan pilih 'Memory Card' mana yang ingin kamu gunakan, klik OK.
  5. Kamu juga bisa menghapus/mengkopi isi 'Memory Card' (bahkan juga bisa menggandakan 'Memory Card' itu sendiri). Caranya: Pergilah ke folder tempat ikon ePSXe berada, cari folder 'memcards'. Disana kamu akan menemukan banyak file 'Memory Card' (kamu bisa menggandakannya sebanyak yang kamu mau). Untuk menghapus/mengkopi isi 'Memory Card', jalankan program 'MemManager' (saya rasa tidak perlu menjelaskannya karena untuk mengaturnya sangat simpel dan mudah dimengerti).

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMAINKAN GAME PS1 VIA EPSXE
Sepanjang pengetahuan saya, untuk dapat memainkan game PS1 menggunakan ePSXe, terdapat 2 cara, yaitu:
  1. Siapkan CD game PS1 yang ingin kamu mainkan (usahakan kondisinya masih bagus dan tidak lecet-lecet). Pasang CD game tersebut ke dalam CD/DVD Drive, masukkan, lalu buka 'ePSXe' > 'File' > 'RUNCDROM'. Tunggu beberapa saat maka tampilan game akan muncul (apabila sudah ditunggu beberapa lama tapi layar masih hitam tidak menampilkan apa-apa, mungkin ada yang tidak beres dengan pengaturan emulator kamu. Coba periksa lagi pengaturan ePSXe; ikuti kembali langkah-langkah yang ada diatas dengan teliti. Atau mungkin saja CD game PS1 yang kamu masukkan dalam keadaan tidak bagus, usahakan menggunakan CD game yang lensanya masih mulus).
  2. Cara lain untuk bisa memainkan game PS1 menggunakan ePSXe, yaitu dengan menjalankan file 'ISO' dari game tertentu. Untuk bisa mendapatkan file 'ISO' ini, kamu dapat mendownload-nya di website-website tertentu (lokasi-lokasinya akan saya tampilkan pada bagian berikutnya). Kita juga bisa membuat sendiri file 'ISO' ini, syaratnya kamu punya CD game yang kondisinya masih bagus (tidak lecet-lecet) dan sebuah software yang bernama 'Alcohol 120%' (saya sarankan pakai versi yang diatas 1.9.6, akan saya tampilkan link download-nya dan tentang cara penggunaannya akan saya paparkan pada bagian berikutnya). Jika kamu sudah mendapatkan file 'ISO'-nya, buka'ePSXe' > 'File' > 'RUN ISO'. Tunggu beberapa saat maka tampilan game akan muncul (apabila sudah ditunggu beberapa lama tapi layar masih hitam tidak menampilkan apa-apa, mungkin ada yang tidak beres dengan pengaturan emulator kamu. Coba periksa lagi pengaturan ePSXe; ikuti kembali langkah-langkah yang ada diatas dengan teliti. Atau mungkin saja file 'ISO' yang kamu gunakan sudah corrupt atau dalam proses pembuatan image-nya masih belum sempurna).

Kamu bisa mendownload file 'ISO' game PS1 kesukaan kamu dari website-website berikut ini: (saya TIDAK bisa menjamin 100% kalau game yang kamu cari pasti ada disini, tapi siapa tahu... Selamat mendownload!)

(http://www.mediafire.com/?vg4dv8tiey238)
*(http://romhustler.net/roms/psx)
(http://www.coolrom.com/forums/forumdisplay.php?f=31)
(http://www.emuparadise.org/roms/psx/)
(http://www.romulation.net/PSX/)
(http://www.rom-freaks.net/psx-isos-0-asc-name-.html)
(http://rom-gods.net/roms/Playstation/A/)
*(http://www.doperoms.com/roms/Sony_Playstation_Psx.html)
(http://www.get-your-rom.com/roms/PLAYSTATION-ROMS/)

'ISO' HARVEST MOON: BACK TO NATURE:

B. Inggris (http://www.5shared.com/file/9dIVgTkh/Harvest_Moon_-_Back_to_Nature_.html) {5shared diganti menjadi 4shared}

B. Indonesia (http://www.mediafire.com/?la0xvciuw1ojj5l)

4 komentar:

bagaimana kalau gamenya ada lebih dari 1 cd?

Kak, kenapa setiap clik File>Run ISO>(File Gamenya) pasti langsung ada Error running ePSXe *cdroom not found. PLease help!

@Livianinda Elisafitri : ePSXe nya, setting configurasi dulu, tinggal pilih menu config lalu pilih cdrom, lalu pilih ePSXe CDR WNT/W2k core 1.7.0, Ok
mudah2han membantu

@bonaventura pradana : tinggal play ajh disk yang pertama dulu, karena emulator ga akan bisa menjalankan 2 disk secara bersamaan...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More