Kamis, 25 Juli 2013

Cara Cek Spec Komputer Secara Online

Begitu banyak game komputer yang bisa kita nikmati saat ini. Dari yang membutuhkan spesifikasi komputer rendah sampai yang tinggi. Tetapi pada umumnya game yang membutuhkan hardware bagus memiliki kualitas yang bagus pula. Paling tidak, dari sisi grafik game tersebut sudah tergolong baik. Yang menjadi masalah adalah, mampukah komputer Anda menjalankan game-game yang ada saat ini terutama untuk game yang kualitas grafiknya tinggi. Bagaimana kita mengetahui, game yang ingin diinstal akan berjalan baik di komputer Anda?
Memang di cover DVD atau file readme sebuah game tercantum minimun require dari sebuah game. Tetapi itu hanyalah gambaran secara umum. Data terebut tidak mendeteksi secara langsung ke komputer kita. Walau minimun minimun require sudah terpenuhi dan game untuk komputer bisa diinstal, ada kemungkinan game tersebut tidak berjalan mulus di komputer Anda. Grafik yang tidak mulus, pemrosesan yang lambat dan lain-lain. Tentu ini sangat mengganggu para gamer ketika sedang bermain.
Masalah ini sebenarnya mudah teratasi bila komputer Anda memiliki spesifikasi yang wah. Misalnya VGA 4GB, RAM 5GB, prosesor i7 dan hardware lainnya yang mendukung PC game. Hanya saja, tidak semua orang bisa memiliki hardware se-wah itu.. Berikut dua hal yang mungkin bisa membantu Anda mengetahui game komputer apa yang bisa berjalan dengan baik di PC Anda.

Can You Run It?
CYRI (Can You Run It) merupakan layanan uji coba game komputer berbasis website. CYRI berjalan melalui program Java. Tetapi Paseban menjamin bahwa website ini aman digunakan. Bila Anda masuk ke situsnya, lihat di sudut kanan atas. Sudah berapa banyak yang dites oleh CYRI. Layanan ini berjalan pada banyak browser seperti Chrome, Mozilla, Internet Explorer dan lain-lain. Juga berjalan dengan baik pada OS Windows XP, Vista, 7 dan beberapa OS lainnya. Hasilnya cepat dan akurat. Cukup detail hingga CYRI mampu mendeteksi driver yang digunakan selain hardware.
Pada awal mencoba layanan ini, kita akan diminta menginstal Java versi yang terbaru dan AxtiveX (jangan takut, ini aman). Setelah selesai menginstal tinggal menuliskan game untuk komputer yang ingin Anda coba di PC Anda. Hasil yang keluar berupa alat pengukur antara minimum require hingga Recommended. Di bagaian bawah ada data skor hardware komputer Anda. Data ini juga berisi berapa memori yang dibutuhkan game tersebut dan berapa memori yang ada di komputer Anda. Cukup lengkap untuk mengetahui apakah komputer Anda bisa menjalankan game tersebut dengan baik atau tidak.
Sampai saat ini, CYRI belum pernah melakukan analisa yang salah. Data base game mereka juga terus menerus di-update. Jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan game-game kesayangan. Anda bisa mengunjungi situsnya di sini.

YouGamers Game-O-Meter
Bila di komputer Anda CYRI tidak jalan dengan baik maka Anda masih memiliki cadangan yang memiliki layanan sama. Ketika pertama kali menggunakan layanan web ini, sama juga dengan CYRI yang meminta untuk menjalankan Java dan AxtiveX tambahannya, Game-O-Meter membutuhkan instalasi FutureMark. Fungsinya sama saja dengan CYRI namun berbeda dari segi tampilan. Game-O-Meter lebih mengedepankan tampilan yang elegan. Berbagai game baru dipajang di situs ini, seakan-akan meminta agar Anda menguji di komputer. Efek dari tampilan yang bagus ini, CYRI lebih cepat mengeluarkan hasil analisa dibanding dengan Game-O-Meter, karena tampilan CYRI jauh lebih sederhana. Game-O-Meter banyak mengandung banyak gambar dan animasi sehingga hasilnya membutuhkan waktu yang lebih lama.
Tetapi, Game-O-Meter memberikan hasil data yang lebih komplit. Mulai dari minimum require hingga Optimized Specifications. Website ini juga memberikan data prosesor dan VGA apa yang cocok untuk game tersebut. Secara tampilan bisa dibilang Game-O-Meter lebih baik daripada CYRI. Namun bila Anda ingin kecepatan hasil analisa game pada komputer Anda, pilhan yang tepat dalah CYRI. Di CYRI Anda tidak akan menemukan banyak iklan, animasi dan gambar-gambar. Websitenya di desain sesederahana mungkin. Soal data base game, keduanya sangat lengkap dan terus up-to-date. Anda bisa mengungjungi situsnya di sini. [RIC]

sumber:
http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=12620

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More