Rabu, 04 Juli 2012

8 Software Utility Terbaik Yang Akan Menjaga & Merawat Laptop Anda

Beberapa waktu yang lalu kami pernah Share beberapa artikel yang membahas sebuah software utility. Nah, pada kesempatan kali kami akan Share 8 Software Utility Terbaik secara sekaligus.

Software Utility merupakan software khusus yang dirancang untuk membantu anda guna menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan, memelihara dan menjaga kesehatan Laptop atau PC anda.

Jadi, Software Utility ini merupakan software wajib yang harus anda install pada Laptop ataupun PC kesayangan anda. Berikut ini akan kami uraiakan 8 Software Utility terbaik, namun perlu anda ketahui sebelumnya bahwa dari 8 software utility ini janganlah anda install semuanya melainkan pilihlah satu atau dua saja yang menurut anda cocok kemudian silahkan di-install.

Lhooo…!! Kenapa tidak boleh diinstall semuanya?? Yahhh….kan fungsi dan tujuan dari software ini pada dasarnya sama, jadi dikuatirkan jika anda install semuanya nanti malah bertengkar antara satu dengan yang lain hahahahaha.

1. SystemSuite
SystemSuite dari Avanquest mengatasi stress dan kebingungan untuk menjaga Laptop/PC kita agar berjalan dengan lancar dan merupakan salah satu Software utilitas sistem yang terbaik. Software utilitas memiliki banyak hal yang kompleks dari perbaikan registry untuk enkripsi dan optimasi sistem, SystemSuite adalah Software yang mudah untuk digunakan. Software ini memiliki hampir semua fitur yang diperlukan untuk menjaga dan mengoptimalkan kinerja komputer kita.


Feature dan Optimasi pada SystemSuite:
Pada kemampuan optimasi, SystemSuite melakukannya dengan sangat baik, termasuk segala sesuatu yang kita cari dari perbaikan registry untuk backup sistem dengan kemampuan untuk menghapus partisi. Secara sederhana, software ini dapat membantu kita sedang bingung, seperti jika kita tidak sengaja menghapus file yang diperlukan atau dapat membantu kita untuk benar-benar menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti jejak-jejak atau sisa-sisa program yang telah diuninstall (pada umumnya proses uninstall selalu meninggalkan trace pada sistem sehingga file-file tersebut dapat mempengaruhi kinerja komputer kita).Berikut ini ada fitur-fitur yang ada pada SystemSuite :

- One-Click PC Maintenance
- Diagnose and Fix Windows Problems
- Speed Up PC Performance
- Hardware Diagnostic Tests
- Registry Repair and Maintenance
- Active Intelligence
- System Optimizer
- Windows Optimizer
- Memory Optimizer
- Internet Speed Optimizer
- Credit Card Transaction Security
- Securely encrypts and stores:
- Two-way Personal Firewall
- Fraud and Phishing Scam Prevention
- Internet Cleanup
- Windows Rescue CD
- Recover Lost Photos, Music and Data
- Securely Erase Your Data


2. TuneUp Utilities
TuneUp Utilities dari TuneUp Software GmbH, Software ini mudah di gunakan. TuneUp Utilities memiliki berbagai tool untuk keperluan utilitas pada komputer. Software ini merupakan salah satu yang terbaik dan salah satu utilitas sistem yang paling lengkap.

Feature dan Optimasi pada SystemSuite:
TuneUp System Control memberikan kita banyak pilihan dalam mengoptimalkan kinerja komputer. salah satu tool yang bernama Icon Manager memungkinkan kita untuk mengelola tampilan dan nuansa dari ikon sistem kita. kita juga dapat mengkostumasi tampilan logon windows dengan TuneUp Utilities. Sebagai contoh, kita dapat beralih antara logon klasik dan default, meningkatkan keamanan, atau membuat pesan yang menampilkan setiap kali kita logon. kita juga dapat meminta status sistem detail jika kita logon.

Meskipun TuneUp Utilities melakukan pekerjaan yang baik dalam hal mengoptimalkan memori (memungkinkan kita untuk memuat dan menjalankan program lebih cepat) dan kita juga dapat mengoptimalkan koneksi internet dengan mudah.

Pasangan fitur baru dalam program ini adalah Turbo Mode dan Live Optimization. Turbo Mode menutup program yang tidak perlu berjalan di background untuk membuatnya lebih mudah bagi program-program yang kita gunakan untuk berjalan. Live Optimization memungkinkan kita untuk mempercepat startup dan waktu respon sistem operasi kita.Sekarang kita lanjut dengan fitur-fitur yang tersedia pada TuneUp Utilities :
 
- TuneUp 1-Click Maintenance
- TuneUp Disk Doctor
- TuneUp Disk Space Explorer
- TuneUp Drive Defrag
- TuneUp Gain Disk Space
- TuneUp Live Optimization
- TuneUp Optimization Report
- TuneUp Process Manager
- TuneUp Program Deactivator
- TuneUp Registry Cleaner
- TuneUp Registry Defrag
- TuneUp Registry Editor
- TuneUp Repair Wizard
- TuneUp Rescue Center
- TuneUp Shortcut Cleaner
- TuneUp Shredder
- TuneUp StartUp Manager
- TuneUp StartUp Optimizer
- TuneUp Styler
- TuneUp System Control
- TuneUp System Information
- TuneUp Undelete
- TuneUp Uninstall Manager
- TuneUp Update Wizard


3. BoostSpeed
Auslogics BoostSpeed adalah program yang sedang naik duan di jajaran Software Utility. Antarmuka/ GUI di pada software ini sedikit aneh karena Anda harus menavigasi melalui empat tab (dari kanan ke kiri bukan kiri ke kanan,) tapi hal ini bukan suatu masalah yang akan mengurangi kemampuan program ini. Auslogics BoostSpeed mampu melakukan banyak hal dan mudah untuk digunakan. Software ini dipecah menjadi empat bagian terpisah: Resource Usage, System Advisor and System Scan.

Feature dan Optimasi pada BoostSpeed:
Dengan Auslogics BoostSpeed, terdapat banyak pilihan untuk mengoptimasi sistem komputer. mulai dari mengoptimalkan disk dan registri melalui pembersihan disk dan registri, defrag dan perbaikan pada disk. Ada juga fitur untuk mengelola program-program yang terbuka saat sistem operasi dijalankan. kita juga bisa melakukan serangkaian optimasi sistem. Jika komputer memiliki koneksi internet, dan internet kita terasa lambat (yah namanya juga inet indonesia, mana ada yang cepet), pada software ini ada fitur yang dapat mengoptimalkan koneksi internet kita (yang efek yang dihasilkan lumayan lah dari sebelum menggunakan software ini dan sesudah menggunakan software ini). Berikut ini ada fitur-fitur yang ada pada BoostSpeed :
 
- System Scan → 1 click tweak
- File Recovery → Recovery file-file yang rusak
- Disk Doctor → Memeriksa hardisk
- Disk Explorer → Melacak penggunaan kapasitas Hardisk
- Disk Defrag → Hardisk Defragment
- Disk Cleaner → Menghapus file-file yang tidak dibutuhkan oleh komputer
- Internet Optimizer → Optimasi koneksi internet
- Track Eraser → Menghapus jejak pada saat surfing (cookies, cache, history, dll)
- File Shredder → Menghapus file secara permanent
- Startup Manager → Monitor aplikasi yang berjalan pada saat sistem berjalan
- Service Manager → Monitor Service yang berjalan
- System Information → Memberikan Informasi Mengenai sistem operasi dan hardware
- Registry Defrag → Registry Defragment
- Registry Cleaner → Menghapus key-key pada registry yang tidak valid
- Tweak Manager → Optimasi Manager
- Duplicate File Finder → Mencari file-file duplikat
- Disk Wiper → Hampir sama dengan Disk Cleaner
- Uninstall Manager → Uninstall program sampai ke akar-akarnya
- Task Manager → sama dengan Task Manager bawaan window
- Rescue Center → Merestore sistem jika pada saat optimasi terjadi masalah


4. System Mechanic Professional (SMP)

System Mechanic dari iolo Technologies LLC memiliki banyak fitur yang hebat dan dukungan yang sangat baik. Sistem utilitas ini adalah sistem suite utilitas yang kuat. Namun disamping fitur-fitur yang canggih, software ini terbentur dengan kemudahan dalam pengoprasian program ini. Ada beberapa fitur yang tidak bekerja dengan baik dan lain-lain dimuat terlalu lambat. Dalam kompetisi memulihkan kembali komputer yang lambat, pengguna tidak mau direpotkan dengan masalah-masalah seperti penggunaan sebuah software Utilitas (Daripada Software susah untuk dioperasikan mendingan cari aja yang laen yang lebih mudah digunakan). tapi jika kita orang yang sabaran dan ingin mencoba Software yang satu ini, kita akan menemukan bahwa Software ini adalah salah satu Software utilitas sistem terbaik. Ada pula beberapa fitur dalam program ini yang tidak kita temukan dalam Software-Software sejenis , seperti kemampuan untuk defragment memori dan mematikan program yang berjalan di background yang tentunya program tersebut sudah tidak diggunakan lagi oleh kita.
 
Feature dan Optimasi pada SystemSuite:
System Mechanic menawarkan ratusan optimasi untuk sistem operasi kita termasuk mengoptimalkan kecepatan internet dan mematikan program yang berjalan di background yang tidak terpakai untuk membebaskan memori sistem dan sumber daya CPU. Hal ini juga memfasilitasi , melihat dan menetapkan batas pada penggunaan memori dan defrag pada file , folder, registry atau hard drive. Sekarang kita lanjut dengan fitur-fitur yang tersedia pada System Mechanic Professional :
  • Program Accelerator → Mempercepat respon program secara keseluruhan dengan kembali menyelaraskan semua file yang diperlukan oleh sebuah program pada hard drive.
  • CRUDD Remover → Membantu mengidentifikasi dan menghilangkan duplikasi program yang menyumbat sistem.
  • Internet Connection Repair → Optimasi koneksi internet
  • Secure Online Backup → Backup data online
  • Tune-up Definitions
  • DriveAccelerator → Disk Defrag
  • EnergyBooster → Meningkatkan kecepatan atau kinerja komputer dengan mematikan lbackground program yang tidak terpakai.
  • Total Registry Revitalizer → Repair, compact, defragment, and backup registry pada windows.
  • Incinerator® for Recycle Bin → Menghapus file secara permanen pada recycle bin.
  • System Mechanic Jump List → Semacam GUI pada system tray.
  • PC Health Status Gadget → Semacam Gadget yang menampilkan Status optimasi pada komputer
  • Startup Optimizer → Managemen Program yang berjalan pada saat awal windows berjalan
  • Memory Mechanic → Defragments RAM.
  • Privacy Cleaner → Menghapus Trace ketika surfing internet.
  • Registry Tuner → Optimasi Registry.
  • All-in-one PC Cleanup PowerTool ? Berbagai macam tool untuk keperluan optimasi sistem.
 
5. Advanced System Optimizer (ASO)
 Advanced System Optimizer dari Systweak adalah salah satu sistem utilitas terbaik di pasar saat ini. Sejauh ini saya pribadi sulit untuk menemukan satu software utility yang memiliki banyak fitur-fitur yang berguna untuk Optimasi sistem secara efektif sebanyak Advanced System Optimizer. Sementara beberapa utilitas sistem mungkin memiliki lebih banyak fitur, Advanced System Optimizer lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Yang mengarah pada Advanced System Optimizer juga menjadi salah satu utilitas PC paling mudah untuk digunakan karena kita tidak perlu memilah-milah fitur-fitur yang tidak perlu untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan.
 
Seperti dengan Software utilitas sistem lainnya, program ini memiliki tool-tool khas, seperti kemampuan untuk membersihkan dan memperbaiki registry, hard drive dan disk lain, mengoptimalkan daftar startup program dan masih banyak lagi. Salah satu fitur menarik yang saya temukan pada Software ini adalah fitur Game Optimizer. Karena banyak pengguna komputer gamer.

Feature dan Optimasi pada SystemSuite:
Advanced System Optimizer memiliki sejumlah tweak dan fitur optimasi yang membantu mempertahankan kinerja sistem. Bahkan komputer baru juga dapat mendapatkan meningkatkan kinerja (atau setidaknya mempertahankan kecepatan dan efisiensi kinerja sistem) dengan menggunakan Software ini.

Jika kita adalah seorang Gamers maka kita mungkin mengalami frustrasi popup mengganggu mengganggu permainan kita. Dengan fitur Game Optimizer, kita dapat mengaktifkan modus gamer dan bermain game tanpa ada yang menggangu dan dengan adanya fitur ini Game berjalan dengan lancar dan secara tindak langsung meningkatkan perfoma komputer untuk kebutuhan Gamming.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah Driver Updater, yang secara otomatis mencari, download, dan menginstal semua update penting dan driver. Advanced System Optimizer menjaga sistem kita tetap up to date dengan patch terbaru dan update keamanan pada sistem. Sekarang Langsung saja ke list feature yang ada pada Advanced System Optimizer :
  • Smart PC Care
  • Driver Updater
  • System Protector
  • Disk Tools
  • Backup Manager
  • PC Fixer
  • Disk Optimizer
  • Undelete
  • Secure Encryptor
  • Registry Cleaner
  • Registry Optimizer
  • System Cleaner
  • Disk Explorer
  • Uninstall Manager
  • Memory Optimizer
  • Privacy Protector
  • Secure Delete
  • System File Backup & Restore
  • System & Security Advisor
  • Duplicate Files Remover
  • Startup Manager
  • Game Optimize
 
6. Advanced SystemCare
Advanced SystemCare Pro salah satu utilities jajaran terbaik dari sekian banyak utilities yang
ada saat ini. Banyak fitur dan tools yang terdapat pada Advanced SystemCare Pro dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga dengan mudah bagi user dalam dalam memilih apa yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan komputer. Selain itu Advanced SystemCare Pro 4 sudah menbasut technologi dan engine terbaru sehingga dalam mengoptimalkan sistem komputer benar-benar sangat terlihat hasilnya.

Dalam Advanced SystemCare Pro terdapat 4 pilihan menu utama diantaranya Quice Care, Deep Care, Turbo Boost dan ToolBox. Masing-masing menu utama mempunyai Fungsi dan tools yang bisa digunakan dalam mengoptimalkan komputer, silahkan anda pelajari sendiri…

Setelah menginstal dan mencoba Advanced SystemCare Pro ternyata lebih ringan dan powerful dari yang lain dan saya rekomdasi bagi Sobat INIsip semua….
Features Advanced SystemCare Pro:
 
- Designed for the latest Windows system environment. Gives your PC better speed and reliability
- Powerful Hard Drive Defrag and Optimization
- Next-generation Registry Deep Clean and Optimization
- Automated Working in the Background
- Defends PC Security with Extra Protection
- Quick and Extensive Clean-up for Hard Drives
- Keeps Your PC Running at Peak Performance
- Fixes Multiple System Errors.
 
 
7. Registry Cleaner
Penyebab komputer menjadi lambat seringkali disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya disebabkan oleh sisa-sisa registry yang sudah tidak terpakai. Beberapa tools utilities untuk registry cleaner, banyak yang kesulitan/belum mampu mendeteksi secara keseluruhan pada sistem registry komputer. Kesalahan mendeteksi sebagai registry yang usang juga sering ditemui, ujung-ujungnya komputer sering hang karena salah mendeteksi dan menghapus dari sebuah registry. Dengan software bernama Registry Cleaner 2010 v4.0.0.0 ini, mungkin kita akan sedikit terbantu dengan mengidentifikasi masalah dan memperbaiki kesalahan komputer, meningkatkan kecepatan dan kinerja, serta mencegah komputer crash/hang.

Sekilas jika di pandang, software ini sedikit mirip dengan Registry Booster 2010 untuk proses Registry Scan, Restore, hingga untuk Overviewnya. Tampilan overview dari Spotmau Registry Cleaner 2010


8. CCleaner
Setelah ditunggu tunggu akhirnya awal tahun 2011 CCleaner hadir dengan versi dan update terbaru yaitu CCleaner 3.02

CCleaner yang merupakan Utilities untuk Sistem Windows Anda yang memiliki berbagai macam fungsi mulai membersihkan sintem Windows hingga unisntall.
Update terbaru di CCleaner 3.02
 
  • Improved IE history cleaning for Windows 7, to deal with some persistent history entries.
  • Added import and export Cookie to Keep list.
  • Added cleaning for CloneCD, Ashampoo Burning Studio 10 and ExamDiff.
  • Added confirmation dialog when canceling wiping process in Drive Wiper.
  • Improved file size accuracy when analyzing and cleaning.
  • Improved cleaning for Windows Live Messenger, Antivir Desktop and ImgBurn.
  • And more…

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More