Rabu, 15 Februari 2012

Kalibrasi baterai laptop

Sudah banyak postingan yang membicarakan cara untuk merawat dan memperpanjangan umur baterai laptop, tapi seperti manusia..baterai Laptop itu Fana adanya.. artinya, sejago apapun anda merawatnya pasti ada waktunya harus mengganti baterai laptop tersebut karena semakin hari kemampuan baterai untuk menyimpan daya listrik akan semakin berkurang.

Nah, oleh karena itu pada postingan kali ini, saya akan menshare salah satu hal penting yang sering diabaikan oleh pengguna Laptop,yakni pentingnya Kalibrasi baterai laptop. Apapula itu kalibrasi baterai Bahhh!!! Masih banyak orang salah kaprah mengenai pengkalibrasian baterai laptop. Pikirnya kalibrasi baterai laptop adalah bagian dari usaha untuk memperpanjang umur baterai…tapi ternyata salah Beesaarrrr!!

Jadi kalibrasi baterai laptop itu sebenarnya berguna untuk mengetahui kondisi real kemampuan baterai kita untuk menyalakan laptop yang kita miliki dalam jangka waktu tertentu. Maksudnya?? begini loh… klo anda telah mengechas penuh baterai laptop anda..Nah, lihat  indikator baterai pada bagian taskbar layar monitor anda. Disana terbaca “100% remaining” ( 4 Hours remaining)..eh taunya baru sejam laptop udah K.O…Nah di sinilah gunanya kalibrasi. Memperlihatkan kemampuan sebenarnya baterai anda. jadi, tabahkan hati anda setelah anda mengkalibrasi baterai laptop anda dan terimalah kenyataan yang walupun pahit,Hik..hikk..hik.. terimalah dengan lapang dada.

Tapi, Kan klo anda sudah tahu mulai dari sekarang kemampuan baterai laptop anda, artinya anda dapat mulai dari sekarang menabung untuk persiapan membeli baterai baru di masa yang akan datang. Atau kalau lagi presentasi, anda tahu selama apa laptop anda dapat bertahan….

Ok,dah ga usah panjang lebar lagi. Berikut ini cara kalibrasi Baterai laptop yang benar (versi http://batterycare.net ). Mudah2an anda telah melakukannya dengan benar…

1. Charge baterai laptop anda sampai pada kapasitas maksimum/penuh (100%)

2. Biarkan baterai beristirahat dalam keadaan terisih penuh selama kurang lebih 2 jam agar supaya baterai menjadi dingin dari proses pengechasan. Anda dapat menggunakan laptop anda secara normal selama proses ini.

3. Lepaskan colokan charger dari komputer dan atur laptop untuk hibernasi secara otomatis pada persentase minimum yang masih memungkinkan seperti langkah-langkah pada gambar dibawah ini:

A.












B.














C.










D.
















E.

























4. biarkan laptop berhibernasi (hybernate) tanpa terchas sampai komputer akan terhibernasi sendiri. Anda dapat menggunakan laptop secara normal selama proses ini.

5. saat komputer telah tersutdown oleh proses hibernasi, biarkan laptop anda tetap dalam keadaan mati selama 5 jam atau lebih.

6. chas laptop anda ( non stop) sampai indikasi baterai mencapai 100%. anda dapat mngoperasikan laptop anda selama proses pengechasan.

Klo semua sudah dilakukan dengan benar,indikator waktu pengoperasian baterai pada laptop anda akan menunjukkan waktu yang sebenarnya.

sumber: http://www.ikilaptop.com/2011/08/cara-kalibrasi-baterai-laptop-cara.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More