Kamis, 23 Februari 2012

Setting Internet Samsung GTC6625 Valencia

Setelah lama tidak menulis tentang seting koneksi internet, kali ini saya ingin menginformasikan tentang cara seting koneksi internet pada smartphone Samsung GT C6625 Valencia. Samsung GT C6625 ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile 6.1 Standard dan mendukung koneksi HSPDA (jika sinyal operator mendukung).

Secara otomatis saat kita masukan simcard GSM ke dalam Samsung GT C6625 sebenarnya seting internet akan langsung tersetup di smartphone ini (ini pengalaman saya saat saya pasang kartu Halo, maka pada bagian Connection muncul setingan internet dan MMS Telkomsel). Jika setingan otomatis tidak muncul, maka kita bisa menambahkan seting koneksi sendiri sesuai dengan kartu GSM yang kita gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah membuat seting koneksi internet pada smartphone Samsung GT C6625.

Pertama, kita masuk ke menu Settings, di sini kita pilih menu Connections.











Berikutnya kita atur koneksi internet melalui menu GPRS, di sini akan terlihat seting koneksi yang ada pada smartphone Samsung GT C6625. Untuk menambahkan koneksi baru, kita pilih New.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Isi parameter koneksi internet yang ada sesuai dengan kartu GSM yang kita gunakan. Sebagai contoh di sini saya gunakan Flash Unlimited dari Telkomsel: Description (1) berisi nama koneksi yang kita inginan. Connects to (2), pilih The Internet, dan Access Point (3), diisi dengan internet. Untuk Username (4), Password (5) dikosongkan, dan Authentication Type (6), saya pilih None.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Primary DNS (7), Secondary DNS (8), dan IP address (9) saya kosongkan juga karena menggunakan parameter otomatis dari Telkomsel, jika kita ingin menggunakan DNS alternatif, kita bisa mengisi bagian Primary dan Secondary DNS dengan DNS server tertentu (misal DNS-nya OpenDNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220). Langkah terakhir adalah menyimpan setingan tersebut dengan memilih Done. Sekarang kita telah mempunyai koneksi baru, yaitu Flash Unlimited (contoh yang saya gunakan).

Setelah seting koneksi selesai, sekarang coba kita buka Internet Explorer dan kita buka Menu pada Internet Explorer tersebut, kemudian masuk ke Tools dan Options.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pada menu Options ini kita masuk ke Connections dan pastikan pada bagian Select Network adalah The Internet (sesuai network yang saya pilih di atas tadi), dan sekarang kita bisa mencoba browsing dengan seting yang telah kita buat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Dalam software Internet Explorer ini tidak ada pilihan exit untuk menutup aplikasi Internet Explorer ini sendiri, jadi walaupun kita sudah menutup (seakan-akan menutup) dengan tombol C atau End, sebenarnya aplikasi ini tidak tertutup tapi hanya kita sembunyikan saja. Untuk menutup kita bisa lakukan dengan menekan tombol Home beberapa saat sampai muncul panel Task Manager, pilih aplikasi Internet Explorer dan pilih End Task. Sedangkan untuk memutus koneksi internet, kita bisa masuk ke Quick List (dengan menekan tombol Power), kemudian pilih Wireless Manager.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pada panel Wireless Manager bagian Phone akan terlihat bahwa koneksi internet masih terhubung (walaupun kita sudah menutup aplikasi Internet Explorer). Untuk memutus koneksi internet, bisa kita lakukan melalui Menu, kemudian pilih Disconnect Cellular Data, hingga akhirnya pada bagian Phone hanya tertulis On.

Demikian tadi informasi tentang cara seting koneksi internet pada smartphone Samsung GT C6625 Valencia, semoga bermanfaat.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More