Selasa, 14 Agustus 2012

RealVNC

Sebagai seorang system administrator, kadang kala kita perlu untuk mengakses remote computer untuk melakukan berbagai pekerjaan yang perlu untuk segera diselesaikan. Salah satu alat bantu yang dapat Anda pakai adalah Freeware RealVNC ini.
VNC merupakan singkatan untuk Virtual Network Computing, dan merupakan sebuah remote control software yang memungkinkan Anda untuk melihat dan berinteraksi dengan aplikasi desktop di jaringan apapun. Pada intinya, Anda dapat melihat dan berinteraksi penuh dengan satu komputer desktop (VNC server) menggunakan sebuah software sederhana (VNC viewer) pada komputer desktop lainnya di mana saja, selama terhubung dengan jaringan (misal Internet).

Dengan VNC, dua komputer yang dihubungkan tidak perlu memiliki jenis yang sama, sehingga sebagai contoh, Anda dapat menggunakan VNC untuk melihat desktop Windows yang terdapat di kantor, dengan menggunakan komputer Linux atau Mac yang terdapat di rumah Anda. Untuk mendapatkan simplisitas yang tinggi, terdapat juga Java viewer, sehingga semua desktop dapat dikontrol secara remote dari dalam browser tanpa perlu menginstal software apapun.
Software yang sangat baik ini memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer lainnya yang terdapat pada jaringan lokal atau melalui Internet. Merupakan pilihan yang tepat untuk mobile user, VNC menyertakan sebuah Java client yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer secara remote melalui browser apa saja tanpa perlu menginstal software apapun. Saat ini, terdapat versi VNC yang dapat digunakan untuk sistem operasi Windows, UNIX, Linux, dan Solaris.
Ketika diuji coba, VNC dapat beroperasi tanpa hambatan atau memiliki keterlambatan ketika diakses untuk mengakses komputer yang terdapat pada jaringan LAN. Selain itu, software ini juga tidak mengkonsumsi banyak memory. Tapi sebagai saran dari kami, untuk mengoperasikannya pada jaringan yang lambat (slow connection), Anda mungkin perlu mengurangi warna, menghapus desktop wallpaper, atau hanya memiliki satu jendela yang aktif. Dengan begitu, bandwidth yang digunakan pun tidak terlalu besar, sehingga tidak akan terlalu membebani koneksi.
VNC sendiri selain terdapat versi gratisnya (Free Edition) terdapat juga dua versi lainnya yaitu Personal Edition dan Enterprise Edition. Artinya, VNC cocok digunakan untuk semua kalangan, terutama karena sifatnya yang open source, memiliki dokumentasi yang baik, dan menggunakan platform-independent protocol.
Sebagai catatan, VNC tersedia untuk penggunaan umum (general use) di bawah kondisi GNU General Public License (GPL). Anda sebaiknya memperhatikan syarat dan kondisi (term and license) terhadap lisensi ini, yang juga terdapat di dalam distribusinya sendiri.
download: RealVNC

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More