Kamis, 14 Juni 2012

Nmap

Nmap (Network Map) adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda pakai untuk memonitor jaringan Anda dari berbagai virus dan serangan yang mencurigakan. Termasuk untuk mengecek kesalahan konfigurasi jika memang ada.

Nmap adalah kependekan dari Network Mapper. Nmap memang di desain untuk menjadi sebuah utilitas gratis untuk penjelajahan jaringan atau audit keamanan. Banyak administrator sistem dan jaringan juga merasakan bahwa program ini sangat berguna untuk beberapa pekerjaan seperti network inventory, mengatur setting jaringan, penjadwalan upgrade, dan monitoring penyimpanan data.

Nmap menggunakan paket IP raw dengan cara yang baru untuk menentukan apa saja yang tersedia di dalam jaringan, layanan apa saja (nama aplikasi dan versi) yang disimpan atau di-hosting yang ditawarkan, system operasi apa (dan versi berapa) yang berjalan, paket filter / firewall apa yang sedang digunakan, dan puluhan karakteristik lainnya. Program ini memang dirancang untuk secara cepat melakukan scanning jaringan yang besar, tetapi tetap bekerja dengan baik pada setiap komputer tunggal.

Proyek Nmap ini juga menawarkan target yang fleksibel, spesifikasi port, decoy/stealth scanning, SunRPC scanning, dan masih banyak lagi. Berbagai Platform Unix dan Windows di dukung oleh software yang bisa berjalan dalam mode GUI dan mode Command Line ini.

Versi terbaru dari Nmap ini telah menambahkan dukungan untuk pre-rule dan post-rule dan mengatasi bug yang menyebabkan beberapa script NSE gagal karena tidak adanya variabel lingkungan SCRIPT_NAME NSE saat dimuat.

Beberapa alsan mengapa anda harus menggunakan Nmap ini diantaranya adalah:

* Flexible: mendukung banyak sekali teknik canggih untuk memetakan jaringan dengan menggunakan IP Filters, firewall, router, dan hambatan lainnya. Ini juga memiliki beberapa mekanisme port scanning (baik TCP dan UDP), deteksi OS, deteksi versi, ping sweeps, dan lain sebagainya.

* Powerful: Nmap telah digunakan untuk scanning jaringan yang besar dari ratusan ribu mesin.

* Portable: kebanyakan system operasi telah di dukung oleh Nmap. Beberapa di antaranya termasuk Linux, Microsoft Windows, FreeBSD, OpenBSD, Solaris, IRIX, Mac OS X, HP-UX, NetBSD, Sun OS, Amiga, dan lain lain.
* Mudah digunakan oleh pengguna
* Software ini tersedia secara gratis.
Download: Nmap

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More