Jumat, 15 Juni 2012

TrueCrypt

Seringkali kita memimpikan sebuah solusi agar file-file penting kita tidak dapat dilihat oleh siapa pun kecuali kita. Kini, mimpi tersebut dapat terwujud melalui bantuan TrueCrypt.

Jika anda ingin memproteksi data sensitive anda dengan software enkripsi open source, membuat virtual encrypted disk dengan aman dan memuatnya dalah disk yang physical, mengenkripsi seluruh partisi hardisk atau perangkat, seperti USB Flash Disk, atau secara otomatis dan transparan mengenkripsi file secara real-time, anda bisa mencoba program yang bernama TrueCrypt.

Intinya, dengan TrueCrypt, data-data dapat Anda sembunyikan sehingga tidak ada orang lain yang dapat membukat file yang Anda proteksi tersebut, kecuali Anda sendiri.

TrueCrypt menyediakan dua tingkatakan perlindungan untuk data Anda. Yang pertama adalah berbasis file biasa, dan yang kedua berupa sebuah hidden volume. Program ini mempunyai 11 algaritma untuk mengenkripsi file pribadi anda dalam password-protected volume. Di antara algoritma enkripsi yang dipakai adalah : AES-256, Blowfish (448-bitkey), CAST5, Serpent, Triple DES, dan Twofish. Hal ini didasarkan pada enkripsi untuk Masa (E4M) 2.02a, yang telah dipakai pada tahun 1997.

TrueCrypt memberikan pelindungan data yang kuat, merekomendasikan password yang kuat juga, memberikan opsi hidden volume, dan menghapus tanda-tanda proses enkripsi, termasuk pergerakan mouse dan penekanan tombol.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan software enkripsi, terutama menggunkan program TrueCrypt ini, kami sangat menyarankan untuk membaca help file dari software ini. Dan satu lagi sarang yang penting dari kami (dan perlu Anda ingat baik-baik) adalah, jangan pernah lupa akan password dan juga di mana tempat Anda menyimpan file yang telah diproteksi. Sebab jika Anda lupa password ataupun tempat Anda menyimpan file yang diproteksi tersebut, maka hampir bisa dipastikan bahwa Anda akan kehilangan data yang telah diproteksi tersebut.
Download: TrueCrypt

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More