Rabu, 16 Mei 2012

Eclipse

Eclipse adalah IDE yang sangat populer bagi mereka yang banyak berkecimpung membuat program dengan Java.

Eclipse Classic merupakan rilis terbaru dari Eclipse top-level project (top-level project merupakan download utama yang terdapat pada situs Eclipse). Software ini terdiri dari segala yang Anda butuhkan untuk membangun aplikasi berdasarkan pada teknologi Eclipse, termasuk Integrated Development Environment (IDE), dan rich client application menggunakan Eclipse Rich Client Platform (RCP).

Eclipse Classic menyediakan fungsionalitas Java editing yang superior dengan incremental compilation, Plug-in Development Environment (PDE), source code lengkap untuk Eclipse Platform, dan masih banyak lagi. Intinya, jika Anda ingin membangun sebuah aplikasi berdasarkan platform Eclipse, maka Eclipse Classic merupakan salah satu development tool yang Anda butuhkan.

Eclipse membuat tool ini untuk memberikan developer kebebasan memilih environment yang multi bahasa, multi platform, dan juga multi vendor. Selain itu, Eclipse juga menyediakan sebuah plug-in berdasarkan framework yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengintegrasikan, dan menggunakan software tool, sehingga dapat lebih menghemat waktu dan biaya. Dengan mengkolaborasikan dan mengeksploitasi teknologi inti terintegrasi (core integration technology), pengguna tool ini dapat mengoptimalkan peran platform reuse dan berkonsentrasi pada kompetensi inti (core competency) untuk membuat teknologi pengembangan yang baru. Eclipse Platform ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan hadir dengan sejumlah besar plug-in, toolkit dan juga contoh-contoh aplikasi.

Lalu, apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalankan Eclipse Classic? Pertama-tama, Anda akan membutuhkan sebuah Java Runtime Environment (JRE). Java 5 JRE merupakan versi yang direkomendasikan. Setelah itu, Anda dapat langsung menginstal Eclipse Classic tanpa adanya kebutuhan khusus lainnya. Jika Anda ingin meningkatkan fungsionalitas dasar Eclipse Classic, Anda juga dapat mendownload dan menginstal fitur-fitur tambahan (additional feature) yang tersedia.

Versi Eclipse Classic terbaru menyertakan beberapa perubahan dan peningkatan, seperti peningkatan debugging support, fitur Quick Access untuk meningkatkan fungsionalitas IDE navigation, dukungan untuk Mac OS X pada Intel dan juga dukungan tambahan untuk Microsoft Windows, Peningkatan pada Plug-in Development Environment dan masih banyak lagi. Tertarik mengembangkan suatu aplikasi dengan platform Eclipse? Download Eclipse Classic sekarang juga!
Download : Eclipse 32bit 
                    Eclipse 64bit

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More