Kamis, 17 Mei 2012

Sandboxie

Jalankan program-program Anda dalam mode virtual supaya sistem Anda aman dari virus, spyware dan sebagainya. Jika Anda butuh solusi untuk melakukannya, Sandboxie bisa menjadi solusinya.

Sandboxie merupakan sebuah tool yang dapat memberikan rasa aman kepada Anda ketika sedang mengoperasikan komputer. Sandboxie dapat menjalankan semua program pada suatu ruang yang terisolasi (isolated space), dan akan mencegah program-program tersebut melakukan ubahan permanen pada data atau program lainnya di dalam komputer yang sedang digunakan. Dan Anda pun dapat melakukan aktivitas secara lebih tenang.

Ketika Anda sedang menjelajah dunia maya, terjadi berbagai perubahan pada sistem komputer yang sedang Anda gunakan. Beberapa diantaranya tidaklah berbahaya, seperti mencatat alamat website yang telah Anda kunjungi, sehingga browser dapat membantu melengkapi alamat website ketika Anda mulai mengetikkannya. Namun tidak jarang pula ubahan itu merupakan ubahan yang berbahaya dan merusak, seperti instalasi malware yang tersembunyi dan tidak Anda sadari.

Ketika Anda menggunakan Sandboxie untuk melindungi browsing session, maka Sandboxie akan menyimpan informasi ubahan tersebut pada suatu area yang terisolasi, dengan tidak menganggu fungsionalitas dari browser itu sendiri. Sandboxie menyimpan semua perubahan yang dilakukan oleh browser, namun tidak secara langsung melainkan menyimpannya ada sebuah folder khusus yang terisolasi bernama sandbox. Dengan begitu, ketika Anda menggunakan Sandboxie Anda dapat melakukan aktivitas di dunia maya dengan aman dan tetap mempertahankan fungsionalitas browser (JavaScript dan ActiveX tetap dapat digunakan). Efek samping yang tidak diinginkan, seperti menghapus kehadiran malware pada komputer tentu dapat dengan mudah dihindari.

Dapat disimpulkan, berikut ini merupakan keunggulan penggunaan Isolated Sandbox pada Sandboxie: Secure web browsing, semua aktivitas browsing akan disimpan pada Sandbox dan tidak akan dapat melakukan ubahan permanen pada komputer; Meningkatkan privasi, browsing history, cookie, dan temporary file akan disimpan pada Sandbox dan tidak akan masuk pada Windows; Secure email, virus dan software berbahaya lainnya yang mungkin bersembunyi pada email tidak dapat keluar dari Sandbox dan tidak akan dapat menginfeksi komputer Anda; Sistem Windows tetap bersih, karena semua ubahan tersimpan pada Sandbox, maka operasional Windows tidak akan “mengotori” hard disk Anda.

Sandboxie dapat Anda gunakan pada hampir semua sistem operasi Windows termasuk Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista dan Windows 7.
Download : Sandboxie

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More