Kamis, 17 Mei 2012

Python

Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dengan lisensi open source. Banyak review yang mengatakan bahwa dengan beralih ke bahasa Python akan membuat kemampuan dan kecepatan programming seseorang menjadi meningkat.

Python merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang powerful dan memungkinkan Anda untuk bekerja secara lebih cepat dan mengintegrasikan sistem Anda secara lebih efisien. Syntax yang sederhana dan clean, high-level data structure, dynamic typing, dan dukungan library yang luas membuat Python menjadi tool yang sangat produktif untuk berbagai macam pemrograman. Python berjalan pada sistem operasi Windows, Linux/UNIX, Mac OS X, dan telah diporting pada Java virtual machine dan .NET virtual machine. Istimewanya, Python gratis digunakan, bahkan untuk pengembangan produk komersial sekalipun.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan di berbagai aplikasi, dan juga seringkali dibandingkan dengan Tcl, Perl, Ruby, Scheme atau Java. Hal-hal yang membedakan Python dengan bahasa pemrograman lain diantaranya adalah : Python memiliki syntax yang sangat jelas dan readable; memiliki kemampuan introspeksi yang kuat (strong introspection), orientasi objek yang jelas; ekspresi natural pada kode prosedural; full modularity, mendukung hierarchical package; exception-based error handling; very high level dynamic data type; dukungan library dan modul yang luas; extension dan module ditulis dengan mudah pada C, C++ (atau Java untuk Jython, atau .NET language untuk IronPython); dapat ditempelkan (embedded) pada di dalam aplikasi sebagai suatu scripting interface.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, Python merupakan sebuah aplikasi yang powerful dan juga cepat. Kenapa? Hal ini dikarenakan byte compiler Python yang telah dioptimasikan untuk berjalan lebih cepat, dan juga terdapatnya dukungan library yang luas, sehingga kode yang ditulis dalam bahasa Python dapat berjalan lebih dari cukup cepat untuk sebagian besar aplikasi. Jangan lupa, Python juga tersedia untuk semua sistem operasi utama. Bahkan terdapat juga versi Python yang berjalan pada Java dan .NET virtual machine, dan handphone Nokia S60.

Python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman yang friendly dan mudah dipelajari. Developer dan komunitas pengguna Python secara aktif menjaga dan terus mengembangkan wiki, sehingga dapat menjadi referensi yang lengkap bagi semua pengguna Python. Lebih lengkap lagi, Python juga hadir dengan dokumentasi yang lengkap, baik dalam bentuk terintegrasi di dalam bahasa pemrograman maupun sebagai dokumentasi terpisah pada halaman web. Yang terbaik, implementasi Python di bawah lisensi open source yang membuatnya bebas digunakan baik untuk penggunaan komersial sekalipun.
Download : Python

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More