Kamis, 17 Mei 2012

PostgreSQL

PostgreSQL adalah sebuah software database Open Source dengan waktu pengembangan lebih dari 15 tahun. Anda yang sedang mencari software database alternatif bisa mencoba software yang satu ini.

PostgreSQL merupakan sebuah object-relational database system yang powerful dan bersifat open source. Software ini telah memiliki 15 tahun masa pengembangan aktif dan arsitektur yang dimilikinya telah terbukti memiliki reputasi yang baik untuk keandalan (reliability), integritas data (data integrity), dan juga ketepatan (correctness).

PostgreSQL berjalan pada semua sistem operasi utama, termasuk Linux, UNIX (AIX, BSD, HP-UX, SGI IRIX, Mac OS X, Solaris, Tru64), dan tidak ketinggalan sistem operasi Windows. PostgreSQL memiliki kemampuan fully ACID compliant, memiliki dukungan penuh terhadap foreign key, join, view, trigger, dan stored procedure (pada lebih dari satu bahasa). Selain itu, PostgreSQL juga mencakup sebagian besar tipe data SQL:2008, termasuk INTEGER, NUMERIC, BOOLEAN, CHAR, VARCHAR, DATA, INTERVAL, dan TIMESTAMP. PostgreSQL mendukung penyimpanan binary large object, seperti gambar, suara, atau video, dan memiliki native programming interface untuk C/C++, Java, .NET, Perl, Python, Ruby, Tcl, ODBC, dan lain-lain.

Sebagai enterprise class database, PostgreSQL menghadirkan berbagai fitur yang memuaskan seperti Multi-Version Concurrency Control (MVCC), point in time recovery, tablespaces, asynchronous replication, nested transactions (savepoints), online/hot backups, query planner/optimizer yang baik, dan write ahead logging untuk fault tolerance. Object-relational database system ini juga mendukung international character set, multibyte character encoding, Unicode, dan memiliki kemampuan yang baik dalam sorting, case-sensitivity, dan formatting.

PostgreSQL sangat scalable baik dalam kuantitas data yang dapat ditanganinya maupun dalam jumlah concurrent user yang dapat diakomodasi olehnya. Sebagai contoh ketangguhannya, terdapat sistem PostgreSQL aktif yang mampu menangani dan mengelola penggunaan 4 terabyte data. Sangat besar, bukan?

PostgreSQL memiliki kemampuan yang tidak dapat diremehkan karena memiliki fitur yang sangat lengkap dan bersifat standard compliant. Sistem database ini juga fleksibel dan dapat dengan mudah disesuaikan (highly customizable), di mana PostgreSQL dapat digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Perl, Python, Ruby, Tcl, C/C++, dan PL/pgSQL (serupa dengan PL/SQL Oracle).

Dan yang terbaik, source code PostgreSQL tersedia di bawah lisensi liberal open source license, yaitu PostgreSQL License. Lisensi ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan PostgreSQL dalam bentuk yang Anda sukai, baik open source maupun closed source.
Download : PostgreSQL

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More