Jumat, 18 Mei 2012

VMware Server

Untuk kebutuhan Virtualisasi level perusahaan, sebuah server diperlukan untuk tempat kolaborasi bersama sehingga menghemat waktu dan biaya. VMWare Server edition bisa menjadi tool yang berguna untuk keperluan tersebut.

VMware Server merupakan sebuah software virtualisasi gratis untuk server Windows dan server Linux dengan dukungan tingkat enterprise dan Virtual Center management. VMware Server memungkinkan perusahaan melakukan partisi pada server fisik (physical server) ke dalam lebih dari satu virtual machine, dan mendapatkan keunggulan dari metode virtualisasi. Dengan Virtual Center add-on, pengguna dapat mengatur, memonitor dan mengelola infrastruktur teknologi informasi mereka secara efisien.

Lalu, bagaimana VMware Server bekerja? Install dan jalankan VMware Server sebagai sebuah aplikasi di atas sistem operasi host Windows atau Linux. Sebuah thin virtualization layer mempartisi physical server sehingga Anda dapat menjalankan lebih dari satu virtual machine secara simultan pada server tunggal. Sumber daya komputer (computing resource) pada physical server diperlakukan sebagai suatu resource yang seragam, yang dapat dialokasikan pada virtual machine secara terkontrol.

VMware Server mengisolasikan setiap virtual machine dari komputer host dan dari virtual machine lainnya, sehingga tidak akan memberikan dampak jika virtual machine lainnya mengalami crash. Data tidak akan “bocor” pada virtual machine lainnya dan aplikasi Anda hanya dapat berkomunikasi melalui koneksi jaringan yang telah dikonfigurasikan. VMware Server mengenkapsulasi sebuah virtual machine environment sebagai satu set file, di mana dapat dengan mudah dibackup, dipindahkan dan disalin.

Secara sederhana, dengan menggunakan VMware Server, Anda akan dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini: Mempercepat pengaturan server dengan membangun sebuah virtual machine satu kali saja dan menyebarkannya beberapa kali sesuai dengan keingingan; Dapat dengan mudah mengevaluasi software pada virtual machine yang mudah dijalankan tanpa memerlukan instalasi dan konfigurasi;

Masih ada yang lainnya, seperti : Menyederhanakan testing patch, aplikasi dan sistem operasi baru dengan memungkinkan system administrator melakukan pengujian pada sebuah virtual machine environment yang aman dan dapat melakukan roll back pada keadaan sebelumnya (clean state) menggunakan fitur snapshot; Dapat kembali menggunakan sistem operasi jadul seperti Windows 2000, Windows NT Server atau Windows 2003 pada virtual machine pada virtual machine yang menggunakan hardware dan sistem operasi baru.

VMware Server tersedia secara gratis, sehingga Anda patut untuk mencoba kemampuannya.
Download : VMware Server

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More