Minggu, 13 Mei 2012

LibreOffice

LibreOffice adalah salah satu alternatif office suite yang bisa Anda pakai untuk melakukan berbagai pekerjaan kantor. Dengan LibreOffice, Anda tidak perlu membeli aplikasi Microsoft Office yang berharga ratusan dollar.

LibreOffice merupakan software personal productivity suite open source untuk sistem operasi Windows, Macintosh dan GNU/Linux, dan memberikan enam aplikasi untuk semua kebutuhan pengolahan data dan pembuatan dokumen Anda, yaitu: Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base. Dukungan (support) dan dokumentasi (documentation) tersedia secara gratis dari komunitas pengguna, kontributor, dan developer yang besar.

Ketika suatu saat Anda perlu membuat dokumen, spreadsheet, database, dan presentasi, Microsoft Office mungkin merupakan satu-satunya software yang muncul pada pikiran Anda. Namun sadarilah, bahwa Microsoft Office merupakan software yang relatif tidak murah. Untungnya, terdapat alternatif yang lebih murah (bahkan gratis) di luar sana. LibreOffice merupakan salah satu diantaranya, dan merupakan salah satu alternatif Microsoft Office gratis yang dapat diandalkan.

Ketika pertama kali dijalankan, LibreOffice akan menampilan menu utama yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu aplikasi yang ingin digunakan, yaitu: Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base. Masing-masing antar muka dari setiap aplikasi tersebut terlihat sangat familiar jika Anda telah menggunakan produk Microsoft Office sebelumnya. Untuk mendapatkan penilaian yang objektif terhadap produk ini, maka Anda dapat segera mencobanya.

Pertama-tama Anda dapat mencoba LibreOffice Writer, sebuah aplikasi pengolah kata (word processor). Ketika Anda membuat sebuah dokumen, mulai mengetik, dan memberikan format pada teks, Anda tidak akan menemukan masalah apapun. Secara default, aplikasi ini akan menyimpan file dalam format .odt, di mana tidak dapat dibuka oleh Microsoft Word. Untuk mengatasi masalah kompatibilitas, LibreOffice memungkinkan Anda untuk menyimpan dokumen dalam format .doc. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika harus membuat sebuah dokumen yang akan dibaca menggunakan aplikasi Microsoft Word. Untuk aplikasi-aplikasi lainnya, tampilannya tidaklah jauh berbeda, dan memberikan fungsionalitas yang tidak kalah dibandingkan Microsoft Office.

LibreOffice dapat diinstal dan di-unistall dengan baik dan relatif tidak meninggalkan sisa di komputer Anda. Selain itu, semua tool dan fungsi-fungsinya bekerja dengan baik, sama seperti kompetitornya. Walau dibekali dengan fitur yang lengkap dan fungsional, LibreOffice tetap dapat Anda download dan Anda gunakan secara gratis. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari alternatif untuk Microsoft Office, LibreOffice merupakan opsi yang tepat.
Download: LibreOffice

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More